User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user
interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI
(Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek
dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang
terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard
(atau mouse) merupaka bagian dari user interface.User Interface berfungsi untuk
menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi,
sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga
diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat
keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi
software bisa berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line
Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus
(ADB), USB, dan fire wire.
- Text - Based / Command - Line
Merupakan user interface berupa text ataupun perintah-perintah yang
diketikan langsung oleh user untuk melakukan atau mengeksekusi sesuatu. Contoh
dari text interface : Command Line Interface (Unix, Linux) dan juga Command
Prompt (Windows). Berbasis teks antarmuka pengguna (TUI), juga disebut antarmuka
pengguna tekstual atau antarmuka pengguna terminal, [ klarifikasi diperlukan ]
adalah retronym yang diciptakan sesaat setelah penemuan antarmuka pengguna
grafis , untuk membedakan mereka dari berbasis teks antarmuka pengguna . Konsep
TUI merujuk terutama pada cara produksi dan tidak bertepatan dengan antarmuka
baris perintah yang merupakan tertentu input pengguna modus. Sebuah maju TUI
mungkin, seperti GUI, menggunakan wilayah seluruh layar dan tidak selalu
memberikan baris demi baris output, meskipun tuis hanya menggunakan teks,
simbol dan warna yang tersedia di lingkungan teks yang diberikan.
- GUI (Graphich User Interface)
GUI adalah
suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu
pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang
tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan
Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar
monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya.
- Macam – macam aplikasi yang menggunkan GUI :
1. 1. WIMP
WIMP adalah ragam interaksi yang
berbasis pada :
a. Window Adalah area pada layar yang
mempunyai sifat seperti terminal yang independent. dapat terdiri dari teks atau
grafis. Dapat saling overlap dan menutupi yang lain, atau tersusun seperti
keramik lantai. Fasilitas scrollbarsmemungkinkan pengguna untuk menggerakkan
isi window ke atas-bawah atau menyampin dengan title bars yang menunjukkan nama
window. Window dapat ditutup menjadi semacam representasi kecil, sehingga dapat
memuat/mengaktifkan banyak window.
b. Icon Icon Berupa lukisan atau gambar
berukuran kecil mewakili suatu obyek dalam antarmuka, dapat suatu window atau
tindakan. Icon dapat bervariasi, mulai dari simbol yang abstrak sampai gambaran
realitas.
c. Menu Menu berupa pilihan operasi
atau fungsi yang disediakan pada layar. Pemilihan pada menu dilakukan dengan
menggunakan pointer. Kelemahan: menu dapat memakan ruang layar. Solusi: menu
hanya muncul saat dibutuhkan.
d. Pointer / Pull Up (Down) Pointer
Merupakan komponen penting. Ragam WIMP bertumpu pada proses penunjukkan dan
pemilihan sesuatu yang biasanya dilakukan dengan menggunakan mouse atau dapat
juga menggunakan joystick, trackball, atau tombol panah pada keyboard.
Beberapa komponen tambahan dalam model WIMP,
diantaranya :
a.
Button (tombol) :
-
radio button : kumpulan pilihan yang
harus memilih salah satu, tak boleh lebih dari 1.
-
check box : kumpulan dari
pilihan-pilihan yang boleh memilih 1/lebih dari 1
b. Pallettes (palet) : kumpulan
kemungkinan mode yang tersedia, ditambah mode yang aktif saat itu, biasanya
adalah sekumpulan icon yang ditata secara berdampingan (tiled icons) contoh :
paket untuk menggambar memiliki palet yang mengindikasikan apakah kotak,
lingkaran, garis atau teks yang akan digambar, dan yang lain lagi
mengindikasikan warna-warna yang tersedia pada paket tersebut.
c. Combo box, list box
d. Kotak dialog : jendela yang berisi
informasi penting, seperti pada saat user akan menyimpan file, maka muncul
kotak dialog untuk memberi nama file tersebut. Setelah file disimpan, kotak
dialog selesai tugasnya dan menghilang dari layar.
e.
Kotak peringatan, muncul untuk
memberitahu kesalahan atau tuntunan.
2.
2. Touchscreen
Merupakan sebuah perangkat komputer yang biasanya
digunakan untuk menampilkan informasi grafikal dan visual yang merupakan output
dari sebuah perangkat komputer. Namun, yang membedakannya dengan monitor atau
layar televisi biasa adalah apa yang ditampilkan di dalamnya dapat secara
langsung berinteraksi fisik dengan penggunanya. Maksudnya, Anda dapat langsung
menyentuh layar penampil tersebut dengan tangan atau alat bantu untuk mengakses
apa yang ditampilkan di dalamnya.
Sebuah layar touchscreen yang paling sederhana terdiri dari tiga buah komponen utama dalam bekerja. Komponen tersebut adalah sebagai berikut:
Sebuah layar touchscreen yang paling sederhana terdiri dari tiga buah komponen utama dalam bekerja. Komponen tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Touch Sensor
2.
Controller
3.
Software driver
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar